Share This Article
Suzuki Motor Corporation (SMC) pada 22 September 2025 lalu lewat laman resminya mengumumkan perubahan logo. Bentuk nyata perubahan ini kemudian ditampilkan pada Japan Mobility Show yang digelar pada 30 Oktober – 9 November 2025.
Perubahan Minimal
Huruf ‘S’ yang sangat ikonik itu tetap dipertahankan.
Sekilas, perubahan yang paling kentara pada logo Suzuki adalah warna krom dengan efek tiga dimensi (3D) yang menonjol menjadi tampilan yang lebih datar (flat), lebih tipis, dan terkesan lebih ringan. Perubahan ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi strategis Suzuki untuk memperbarui narasi dan memposisikan kembali merek di pasar global, khususnya dalam dominasi ranah digital saat ini.

Selain itu, Suzuki juga merilis slogan baru “By Your Side” sebagai pengganti slogan lama “Way of Life”. Slogan baru ini menegaskan arah baru yang lebih dekat dengan pelanggan.
Perubahan Bentuk Menyesuaikan Digitalisasi
Jarang yang menyadari bahwa logo Suzuki tidak hanya berubah menjadi lebih flat pada versi krom, tetapi sebenarnya logo ikonik ini juga berubah bentuk. Jika diperhatikan, jarak yang membentuk lekukan huruf S pada logo menjadi lebih lebar.

Meski tidak tak banyak, perubahan ini signifikan dampaknya terutama pada penggunaan digital. Mengutip pernyataan Director and Senior Managing Officer SMC, Aritaka Okajima, logo baru ini bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan digital, menjadikan logo Suzuki lebih mudah dikenali oleh pengguna mobile dengan layar yang kecil.

“Perubahan logo ini adalah bagian dari digitalisasi. Kalau kita lihat logo lama dari handphone atau website terlihat mepet jadi susah diidentifikasi. Sedangkan untuk logo sekarang dapat dilihat lebih jelas untuk platform digital namun tidak ada perubahan besar yang signifikan,” kata Aritaka.